Info Wisata Pulau Rinca Nusa Tenggara Timur

Info Wisata Pulau Rinca Nusa Tenggara Timur

Tentang Pulau Rinca

Info Wisata Pulau Rinca Flores – Rinca adalah sebuah pulau yang terletak di Flores, Kepulauan Nusa Tenggara. Pulau Rinca beserta Pulau Komodo dan Pulau Padar merupakan kawasan Taman Nasional Komodo yang dikelola oleh Pemerintah Pusat, Pulau Rinca berada di sebelah barat Pulau Flores, yang dipisahkan oleh Selat Molo.

Merupakan bagian dari Situs Warisan Dunia UNESCO, karena merupakan kawasan Taman Nasional Komodo bersama dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang.

info wisata pulau rinca flores

Pulau Rinca Nusa Tenggara Timur

Di pulau ini hidup berbagai jenis binatang seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung. Pulau Rinca dapat dicapai dengan perahu kecil dari Labuan Bajo di Flores barat. Secara administratif, pulau ini termasuk wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Indonesia.

Flores dengan Kepulauan Komodo yang menjadi habitat asli hewan purba komodo ini, nampaknya sudah menjadi destinasi favorit yang dikunjungi oleh para traveler baik di dalam maupun luar negeri. Banyak orang berbondong-bondong mendatangi kepulauan ini hanya untuk melihat secara langsung tingkah laku hewan yang mulai punah ini.

Selain karena keindahannya yang diakui dunia karena berhasil menyandang predikat ”New 7 Wonders of Nature” berjajar dengan tempat-tempat cantik lainnya di seluruh dunia. Pulau ini juga merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO, karena termasuk ke dalam kawasan Taman Nasional Komodo bersamaan dengan Pulau Komodo, Pulau Padar dan Gili Motang. Secara administratif, pulau ini termasuk ke dalam wilayah Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, NTT.

Namun tahukah Anda bahwa tak hanya di Pulau Komodo saja Anda dapat melihat hewan purba tersebut? Ya, di Pulau Rinca Anda juga bisa melihatnya. Pulau yang merupakan salah satu bagian dari gugusan kepulauan komodo ini, ternyata juga merupakan habitat asli komodo dengan populasi terbanyak kedua setelah pulau Komodo.

Meskipun luasnya lebih kecil dibandingkan dengan Pulau Komodo, populasi komodo sekitar 1500-an akan lebih mudah ditemui di Pulau Rinca dibandingkan dengan di Komodo. Sebenarnya di Pulau Padar juga dahulu terdapat komodo, namun putusnya rantai makanan yang menyebabkan ekosistem di pulau tersebut menjadi tidak berkembang sehingga pada akhirnya populasi komodo pun menjadi punah.

Letak Pulau Rinca

Letak Pulau Rinca sendiri lebih dekat dari Labuan Bajo jika dibandingkan dengan Pulau Komodo, dengan titik tertinggi pulau ini berada di Doro (Gunung) Ora dengan ketinggian sekitar 670 mdpl. Tak hanya komodo saja, di pulau ini juga hidup berbagai jenis binatang seperti komodo, babi liar, kerbau dan burung.

Tersedia pilihan jalur trekking yaitu mulai dari trekking pendek, medium hingga yang panjang. Pengunjung bebas menentukan sendiri pilihan rute tersebut, disesuaikan dengan kondisi fisik demi keselamatan dan meminimalisir resiko di lapangan nantinya. Di sepanjang jalur trekking, pengunjung akan ditemani oleh pemandangan indah berupa jajaran perbukitan dan hamparan laut biru.

Bukit ini akan kering dan bewarna kuning di saat musim kemarau sedangkan apabila masuk musim penghujan, bukit ini akan berubah warna menjadi hijau. Di sela-sela perjalanan trekking, pengunjung akan menemukan puncak bukit yang memiliki pemandangan khas Pulau Rinca. Hamparan laut biru dipadukan dengan perbukitan eksotis semakin menambah keindahan Pulau Rinca. Sungguh memanjakan mata setiap pengunjungnya.

Tak hanya itu saja, Pulau Rinca juga menawarkan para pengunjungnya untuk ikut dalam melestarikan lingkungan dengan program penanaman tanaman bakau. Untuk membeli bibitnya, pengunjung harus mengeluarkan kocek sebesar 150.000 rupiah. Uniknya, bibit bakau tersebut dapat diberi label sesuai nama kita dan nantinya apabila pengunjung berkunjung lagi ke Pulau Rinca dapat mengetahui perkembangan pohon bakau sesuai dengan namanya.

info pulau rinca flores

Akses Menuju Lokasi Wisata

Untuk menuju Pulau Rinca salah satu caranya adalah memulai perjalanan dari Labuan Bajo dengan menggunakan kapal sewaan. Pengunjung juga dapat menggunakan jasa travel agent yang menyediakan paket tour sailing Komodo di sepanjang jalanan sekitar Pelabuhan Labuan Bajo. Perjalanan menuju Pulau Rinca dari Labuan Bajo ditempuh selama 2 jam via laut tentunya dan berlabuh di dermaga Loh Buaya di Pulau Rinca. Dari pos penjagaan, nantinya pengunjung akan dipadu oleh para ranger untuk menjelajahi dan menelusuri jejak komodo di Pulau Rinca.

Fasilitas

Terdapat beberapa fasilitas penunjang bagi para pengunjung seperti toilet, warung makan bahkan homestay di sekitar lokasi pos penjagaan di Pulau Rinca. Namun ada baiknya jika pengunjung melengkapi persediaan makanan terutama minuman sebelumnya sebagai bekal selama trekking agar tidak dehidrasi di tengah teriknya sinar matahari.

Baca juga: Paket Pulau Komodo 4 Hari 3 Malam

Sesekali ada komodo yang berjemur di padang kering nan luas yang dilewati, jarak pandang kita juga lebih jauh daripada di Pulau Komodo karena dikhawatirkan akan ada gerakan dari komodo yang tidak terduga dan juga sulit dibaca.

Hal yang harus diperhatikan wisatawan selama tracking adalah tetap tenang dan tidak menunjukkan gerakan agresif seperti berlari cepat ketakutan karena akan memancing gerakan dari komodo yang melihat, tapi tenang karena selalu akan ada dua orang ranger-penjaga yang memandu dan menjaga rombongan selama tracking.

Bahkan sesekali bila sedang ramai, ranger akan menunjukkan atraksi kepada para pengunjung yaitu atraksi dikejar komodo dengan menggunakan bola kayu dengan daging yang diikat dengan tali ataupun atraksi melihat komodo memanjat pohon.

info pulau rinca flores ntt

Habitat Asli di Pulau Rinca

Selain komodonya, Pulau Rinca juga dihuni oleh beberapa hewan lain seperti rusa, babi hutan, kerbau, dan lain-lain yang biasanya ada sebagai penyeimbang ekosistem dan juga sebagai mangsa komodo sehingga mereka tetap bisa makan secara alami, Pulau ini juga menyimpan pesona lain khas Indonesia Timur yang membuat kita terpanan melihatnya, di tengah tracking pasti ranger akan mengajak ke bukit hijau yang memiliki view bisa melihat beberapa bagian di Pulau Rinca dan juga view lautnya yang sangat mempesona birunya.

Pulau Rinca juga menawarkan wisatawan untuk ikut melestarikan lingkungan dengan penanaman tanaman bakau yang bisa diberi penanda bahwa pohon ini yang nantinya tumbuh milik siapa. Untuk membeli bibit tanaman bakau itu, wisatawan bisa membayar seharga 150 ribu kemudian menanamnya sendiri serta diberi nama, sehingga bila kembali lagi ke Rinca kita bisa mengetahui perkembangan tanaman bakau milik kita.

Baca juga: Paket Pulau Komodo 3 Hari 2 Malam

Info Wisata Pulau Rinca

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh wisatawan yang ingin singgah di Pulau Rinca, Pertama adalah jangan lupa membawa minuman untuk selama tracking agar tidak dehidrasi, di Pulau Rinca tidak ada penjual makanan maupun minuman, yang ada hanya dapur milik ranger dan polisi hutan Pulau Rinca yang sering disinggahi komodo.

Karakteristik komodo di Pulau Rinca jauh lebih agresif daripada yang ada di Pulau Komodo jadi jangan terlalu memancing keagresifannya dengan terlalu nekad mendekat, bersuara terlalu keras, berlari, dan selalu perhatikan serta patuhi yang dikatakan oleh ranger.

Biasanya dari periode sekitar bulan Mei-September komodo memasuki masa kawinnya sehingga mereka lebih sering berada di sarang untuk kawin dan jarang berkeliaran atau berjemur di padang kosong atau jarang memunculkan diri di hadapan wisatawan.

Saat ini sangat berbahaya bila mendekati sarang karena semuanya sedang dalam periode nafsu tinggi dan agresif sehingga dikhawatirkan akan sangat mengganggu mereka.

Biasanya bila dirasa sedang dalam masa aman wisatawan juga bisa meminta untuk ditunjukkan ke sarang komodo yang menyimpan telurnya di dalam tanah, Aktivitas komodo yang ada di Pulau Rinca jauh lebih hidup dan mudah dilihat wisatawan yang sedang tracking karena usia mereka yang jauh lebih muda dan agresif serta dipengaruhi juga dengan luas pulau yang tidak sebesar Pulau Komodo.

Demikian penjelasan dan info wisata Pulau Rinca yang dapat kami berikan, semoga bermanfaat.

Search:

Info Wisata Pulau Rinca | Keindahan dan Info Wisata Pulau Rinca | Tentang Info Wisata Pulau Rinca | Tiket Masuk Info Wisata Pulau Rinca | Info Wisata Pulau Rinca Labuan Bajo | Info Wisata Pulau Rinca Flores | Info Wisata Pulau Rinca Nusa Tenggara Timur | Info Wisata Pulau Rinca Pulau Komodo | Info Wisata Pulau Rinca Pulau Padar | Info Wisata Pulau Rinca dan Habitat Komodo

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *