Lokasi Wisata di Pulau Seribu

Lokasi Wisata di Pulau Seribu

Lokasi Wisata di Pulau Seribu – Kepulauan Seribu merupakan salah satu wilayah yang terkenal berkat keindahan alam dan potensi wisatanya. Letaknya yang tidak jauh dari Ibukota Jakarta membuat Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata pilihan para warga di kota-kota besar dan seluruh wilayah Indonesia. Salah satu pulau yang tergabung dalam gugusan pulau di sana yaitu Pulau Tidung. Pulau yang satu ini termasuk pulau yang cukup terkenal dan paling banyak menyita perhatian berbagai wisatawan domestic maupun asing berkat keindahan alam yang dimiliki. Selain pulau tidung, potensi wisata yang ada dipulau seribu juga sangat beragam dan sangat layak dikunjungi untuk menghabiskan waktu liburan. Dan berikut ini beberapa tempat yang wajib anda kunjungi jika berwisata ke Kepulauan Seribu.

Pulau Seribu Resort / Cottage

  1. Wisata Pulau Ayer

Pulau ini memiliki julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Letak pulau ini hanya berjarak sekitar 14 km dari Marina Ancol Daya tarik utama dari pulau Ayer adalah keberadaan cottage yang berada di atas laut dengan gaya etnik Papua yang sangat tradisonal. Keren banget.

 Sisi-sisi pantai di kawasan pulau ini juga tak kalah keren. Berlibur di pulau ini kita serasa berada di Raja Ampat, Papua yang sangat keren itu. Pulau Ayer mulai dikunjungi sejak tahun 1950. Proklamator kita, Bung Karno sering menjadikan pulau ini sebagai tempat beristirahat. Di pulau ini juga dapat ditemui binatang biawak yang hidup secara bebas

  1. Wisata Pulau Putri

Pulau lain yang tak kalah menarik untuk dikunjungi di Kepulau Seribu adalah pulau Putri. Sama seperti pulau-pulau tetangga lainnya, di pulau ini kita juga bisa menikmati indahnya pemandangan laut di Taman Nasional Laut Pulau Seribu yang mempesona.

Di pulau Putri sudah terdapat beberapa cottage yang bisa digunakan untuk bermalam para wisatawan. Wisatawan di pulau Putri bisa melihat pemandangan sunset yang begitu cantik menggunakan perahu. Sunset di pulau ini sering disebut dengan nama “Sunset Cruise” 

  1. Wisata Pulau Bidadari

Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau gugusan Pulau Seribu yang dikelilingi pohon besar.Dahulu pulau ini bernama Pulau Sakit dan Pulau Pumered. Pulau Bidadari diilhami dari nama pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Putri, Pulau Nirwana, dan lainnya.

Secara geografis pulau ini berada di antara gugusan Pulau Onrust, Pulau Khayangan, Pulau Kelor, dan Pulau Ayer, Kelurahan Untung Jawa, Kecamatan Kepulauan Seribu Selatan dan Kabupaten Kepulauan Seribu.Pulau ini dikembangkan sebagai salah satu destinasi wisata di Kepulauan Seribu, karena lokasinya yang indah dan bersejarah. 

  1. Wisata Pulau Pantara

Pulau Pantara yang merupakan pulau terjauh diantara pulau pulau lainnya yang terdapat di Kepulauan Seribu. Pulau ini dikenal sebagai pulau seribu marine resort, menjadi satu icon wisata terbaik di kepulauan seribu, Resort pulau terbaik menurut survey testimoni pengunjung pulau seribu.

Di Pulau Pantara ini fasilitas yang tersedia sudah lumayan komplit, jadi para wisatawan nggak perlu khawatir jika berlibur kesana. Dari mulai cottage, bar, restaurant, bar, pools, dive shop, tempat bermain anak, water sport, dan yang lainnya.

  1. Wisata Pulau Sepa

Pulau Sepa yang menyimpan keindahan alam. Dengan menggunakan boat dari Marina menuju ke pulau Sepa kurang lebih 1,5 jam, atau 2 jam apabila ingin singgah sejenak ke beberapa pulau sekitarnya. Membuat Sepa menjadi salah satu tempat untuk dapat menikmati pemandangan dibawah laut Lokasi snorkeling disekitar Kepulauan Sepa cukup bagus sehingga pulau Sepa mendapat julukan “little Bali”.

Pulau Sepa adalah “The Paradise for Diver”, dipulau sepa terdapat beberapa spot dive yang cukup baik. Beberapa wisata atau olah air yang saat ini banyak digemari cukup lengkap berada disini, seperti Waterski, Banana Boat, Canoe, Flying Fox, Knee Board, Glass Board, Boat Rental, Snorkling, Scuba Diving dan Jetski. Dan untuk yang hobi memancing tersedia terumbu sebagai sarana memancing.

  1. Wisata Pulau Macan

Pulau macan merupakan Pulau Resort di Kepulauan Seribu yang bernuansa tradisional dengan konsep alami menyatu dengan alam. Banyak wisatawan mancanegara selalu berkunjung , karna memang Pulau Macan terkenal dengan keindahan alam nya, selain itu juga nuansa alami yang ada di Pulau Resort ini menawarkan kehangatan dan kerinduan agar menyatu dan bersahabat dengan alam.

Untuk anda yang vegetarian, Pulau Macan adalah Pulau yang cocok untuk liburan anda, karna di Pulau ini mempunyai menu makanan yang memang terbuat dari sayuran organik .Selain itu juga, ketika anda berlibur di Pulau Macan, jangan pernah melewatkan keindahan alam bawah laut dari Pulau Macan.

Karna banyak sekali terumbu karang & juga ikan berwarna warni yang bisa anda temui. Untuk privasi anda, Jangan takut karna Privasi anda di Pulau ini akan aman terjaga.

  1. Wisata Pulau Bintang

Pulau Bintang adalah salah satu pulau yang apik, dan tertata dengan baik di Kepulauan Seribu. Pulau seluas 5,54 hektar ini terletak di jantung dari pada kepulauan seribu bagian utara, sehingga jarak antara pulau – pulau pribadi lainnya sangatlah dekat.

Pulau yang jarak tempuhnya hanya sekitar 40 menit dari Pulau Harapan ini hanya memiliki 4 cottage yang masing-masingnya berkapasitas maksimal 10 orang. Kegiatan di Pulau Bintang anda dapat melakukan aktifitas Snorkeling, Diving, Memancing dan dapat juga melakukan aktifitas Banana Boat. Dari Pulau Bintang anda dapat pula “ Keliling Pulau Sekitar “ dengan menggunakan kapal tradisional. Snorkeling di pinggir dermaga atau Snorkeling di pulau seberang.

  1. Wisata Pulau Pelangi

Pulau Pelagi cukup sesuai untuk kita jadikan menjadi destinasi rekreasi dan sekaligus kawasan untuk merefresh pikiran yg sudah overload. Cocok bagi anda yang sehari-hari bergelut dengan hiruk pikuk pekerjaan, traffic kota Jakarta, pressure dan beban bisnis amat di anjurkan untuk selekasnya trip ke Pulau Pelangi.

Pulau Pelangi bukanlah pulau biasa-biasa seperti semacam Pulau Harapan, Pari, Pramuka dan Tidung sebab Pulau Pelangi merupakan sebuah pulau private yang di manage dengan baik dari sisi management dan layanan kepada wisatawan yang meluangkan waktu untuk bermalam di dalamnya untuk beberapa hari dengan full rasa nyaman.

Fasilitas wisata di Pulau Pelangi sangat baik, terutama sekali untuk cottage di Pulau Pelangi nan di fasilitasi dengan sejumlah perlengkapan kamar hotel yang sangat nyaman dan aman. Oleh sebab itu berwisatalah ke Pulau Pelangi untuk meyakinkan bahwa hari-hari anda akan terisi penuh dengan kegembiraan dan selalu fresh.

Pulau Seribu Home Stay

  1. Wisata Pulau Pari

Pulau ini terletak tak jauh dari Pulau Tidung dan merupakan pulau yang dihuni oleh beberapa penduduk. Pulau Pari mempunyai pantai yang sangat bersih yaitu Pantai Perawan yang masih terawat dengan baik.

Di pulau ini juga ada pusat budidaya rumput laut yang menunjang kehidupan warganya serta jadi lokasi penelitian biota laut (LIPI). Dipulau ini juga dapat menikmati hangatnya sunrise dan snorkeling untuk menyaksikan indahnya karang bawah laut. Kalau mau jalan-jalan, bisa mengunakan sepeda menuju Pantai Perawan yang dapat ditempuh hanya 5 menit dari penginapan.

Penginapan di sini sangatlah terbatas, hal ini untuk menghindari tingkat pencemaran lingkungan yang lebih tinggi, jadi apabila mau berwisata dan berencana menginap ke pulau ini pastikan sudah melakukan booking dahulu dua pekan sebelumnya.

  1. Wisata Pulau Harapan

Tempat wisata Kepulauan Seribu berikutnya adalah Pulau Harapan. Saat berada di Pulau Harapan, kesan tenang dan asri begitu terasa. Letak pulau ini cukup strategis. Karena posisinya yang relatif berdekatan dengan pulau-pulau lain.

Seperti Pulau Sepa dan Pulau Putri. Dikatakan strategis pula, karena pulau ini tidak berada jauh dari Bandara Kepulauan Seribu yang berlokasi di Pulau Panjang. Alam yang indah dan alami, tentunya menjadi dambaan bagi traveler pecinta pantai. Di sana, selalu dijumpai para pegiat olahraga snorkeling maupun diving.

  1. Wisata Pulau Tidung

Pulau Tidung adalah tempat paling terkenal di kawasan Kepulauan Seribu. Tempat ini menjadi idola para wisatawan dengan pesona laut biru mempesona yang ditawarkanPulau Tidung terdiri atas dua bagian yakni Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil dimana kedua bagian tersebut dihubungkan oleh sebuah jembatan panjang yang oleh masyarakat setempat dinamakan jembatan cinta.

Pulau Tidung sendiri paling sering digunakan oleh beberapa agen travel untuk menawarkan paket wisata. Pulau Tidung merupakan sebuah nama kelurahan di kecamatan Kepulauan Seribu Selatan, kabupaten Kepulauan Seribu Selatan, DKI. Jarak tempuh Pulau Tidung ini sekitar 3 jam dari dermaga Muara Angke.

  1. Wisata Pulau Pramuka

Pulau Pramuka pun tidak kalah menarik untuk dijadikan tempat wisata. Berwisata di tempat ini bisa mendapatkan dua hal sekaligus yaitu kesesangan dan ilmu.Di pulau Pramuka ini, tidak hanya bisa menikmati suasana liburan laut yang menyenangkan, dapat pula belajar singkat tentang penyu sisik karna di pulau ini ada tempat pelestarian penyu sisik yang tergolong sebagai jenis penyu paling langka.

Baca juga: Paket Wisata Pulau Komodo – Gili Lawa

Akses Transportasi menuju Kepulauan Seribu

Jika tidak terkendala cuaca buruk, akses penyeberangannya menuju pulau-pulau di kepulauan seribu cukup mudah. Bisa menggunakan kapal dari Muara Angke dan Dermaga Marina, Ancol. Waktu yang ditempuh jika menggunakan kapal ojek dari Muara Angke sekitar 2-3 jam, sedangkan dengan kapal cepat/Speedboat dari Marina Ancol sekitar 1 – 1,5 jam. Biaya penyeberangan menggunakan kapal ojek cukup terjangkau yaitu kisara Rp 60.000-Rp 104.000 per orang/PP, sedangkan dengan kapal cepat Rp 115.000-Rp 385.000 per orang/sekali jalan.

Demikian artikel kami yang berjudul Lokasi Wisata di Pulau Seribu ini, semoga bermanfaat.

Artikel:

Lokasi Wisata di Pulau Seribu | Wisata Kepulauan Seribu | Lokasi Wisata di Pulau Seribu | Tempat Liburan Di Pulau Seribu | Lokasi Wisata di Pulau Seribu | Berwisata ke Pulau Seribu | Tujuan Wisata Kepulauan Seribu | Berkunjung ke Pulau Seribu | Lokasi Wisata di Pulau Seribu | Destinasi Wisata di Pulau Seribu | Paket Wisata Pulau Seribu | Pulau Seribu Resort | Kepulauan Seribu Resort | Lokasi Wisata di Pulau Seribu | Info : Lokasi Wisata di Pulau Seribu | Cottage Pulau Seribu | Pantai Pulau Seribu

Share this article
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *